Gambar

Gambar

Siapa Bilang Mesin Agya Jelek dan Berisik

Siapa Bilang Mesin Agya Jelekdan Berisik  Belakangan ini banyak sekali opini negatif tentang mobil agya ini. Kabar yang beredar luas ini semata- mata hanya sebagai opini yang belum tentu benar adanya. Ulasan yang sering muncul adalah tentang perfoma mesin agya yang jelek dan berisik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail tentang opini yang beredar luas tersebut. Tahukah anda spesifikasi mesin mobil agya terbaru saat ini. Lalu bagaimana komparasi mobil agya dengan mobil sejenis yang memakai jenis mesin yang sama atau satu type.




Kita mencoba mengulas kembali performa mobil agya ketika launching pertama kali di indonesia. Yaitu di tahun 2013.  Ulasan yang pertama adalah ketika memasuki ruang kabin, interiornya terasa nyaman dan tidak t sempit untuk kelas city car. Material (bahan) atau komponen yang dipatenkan sekitar 80 persen buatan lokal terpasang dengan  sangat rapi dan tidak seperti opini banyak orang yang  terlihat kasar. Pada kenyataanya part yang terpasang sangat berkualitas dan bahkan hampir setara dengan buatan pabrik yang ada di Jepang sendiri.

Siapa Bilang Mesin Agya Jelek dan Berisik

Lalu untuk bagia ruang bangku belakang juga tidak sempiit bagi orang dewasa dengan bobot normal atau tidak gemuk. Bagi orang tinggi badan 180 cm jarak lutut dengan bangku depan masih adawalaupun hanya  sedikit jaraknya, sehingga dapat duduk  nyaman. Ketika mesin mulai dinyalakan, kesunyian ruang kabin masih cukup lumayan meredam suara mesin, akan tetapi saat digeber mesin di atas 3,000 rpm suara akan mulai terdengar kasar, catatannya adalah diatas 3,000 rpm hampir semua mobil city car sejenis pun mengalami hal yang sama. Dan 3000 rpm itu hampir mendekati batas normal rpm pada saat pemakaian mobil itu sendiri. Yang terpenting adalah pada putaran menengah ke bawah mesin sangat stabil dan tidak kasar.
Untuk agya tipe manual  jika bandingkan dengan Toyota Etios, bagian transmisi Agya memang sedikit lebih berat untuk perpindahan gigi transmisinya. Tapi untuk akselerasi mesin 3 silinder 1.000 cc bertenaga 65,3 hp sangat cukup untuk dalam kota yang ramai.


Ulasan lainnya adalah tentang kode 1KR-DE. apa saja keunggulan dari mobil yang berkode ini, simak ulasannya.
- Kode baru 1KR-DE
 Mesin 1KR yang terpasang pada  Toyota Agya merupakan mesin 3-silinder.. Akan tetapi, uniknya kode 1KR tidak ditemukan di negara mana pun, bisa dibilang ini adalah  mesin baru yang benar-benar dibuat di Indonesia..
- Bobot mesin ringan
Blok mesin kode 1KR digunakan di beberapa produk Toyota Keunggulannya ada pada penggunaan bahan alumunium yang diklaim pada dasarnya hanya berbobot 69 kg, bahkan itu sudah termasuk sejumlah perangkat tambahan.
Hebatnya lagi, bobot mesin 1KR-DE yang ada pada Agya dan Ayla ini terpangkas lagi 10 kg. Kuncinya ada pada tutup kepala silinder yang diganti, dari aluminium menjadi berbahan resin-plastik, yang juga mengurangi friksi.
- Lebih mudah lagi dirawat
Satu alasan mengapa sejumlah konsumen memilih produk Toyota - Daihatsu adalah karena mesinnya yang simpel sehingga mudah dirawat. Namun mesin 1KR-DE bahkan lebih mudah lagi karena tata letaknya yang membuat ruang jantung pacunya menjadi lega.
Dalam kondisi ini, mesin mudah dilihat-lihat, bahkan diangkat andai terjadi kerusakan parah.
- Manifold tunggal
Satu yang juga baru di sini adalah desain integrated exhaust manifold, yang tidak lagi terbagi tiga pipa untuk tiga saluran pembuangan, tetapi satu pipa ke tiga saluran.
Semuanya kini terintegrasi pada kepala silinder sehingga saluran buang lebih pendek, disatukan dengan catalytic converter dan tempat untuk sensor oksigen. Hal ini pun salah satunya mengurangi bobot mesin.



- Rantai timing
Salah satu keunggulan dari keluarga mesin 1KR adalah tidak menggunakan timing belt karet tetapi rantai. Dengan demikian, tidak ada urusan untuk rutin mengganti timing belt lebih sering karena penggunaan rantai lebih awet, dan di sisi lain tidak terlalu berisik.
- DOHC
Mesin 1KR-DE mempertahankan tradisi penggunaan DOHC atau double overhead camshaft yang memakai dua noken as di kepala silinder. Sistem ini membuat proses kerja menjadi lebih presisi pada putaran tinggi.
- Tenaga
Dalam keterangannya Embay mengklaim bahwa mesin Ayla memiliki teknologi lebih maju dibanding Daihatsu Xenia 1.000 cc. Data menunjukkan tenaga mencapai 65 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal 8,7 kgm pada 3.600 rpm.
Angka tenaga citycar ini lebih besar sedikit dibanding MPV Xenia 1.000 yang berdaya 63 PS.

Demikian ulasan kami tentang Siapa Bilang Mesin Agya Jelek dan Berisik. Simak juga ulasan kami lainyya tentang kredit mobil agya murah .


Subscribe to receive free email updates: