Gambar

Gambar

Performa Mesin Dual VVTI Toyota Calya yang Handal dan irit



Performas Mesin Dual VVTI Toyota Calya yang Handal dan irit - Inilah yang mungkin banyak orang belum mengetahui bahwa mesin Toyota Calya itu sudah 4 Silender dengan 1200 CC dan juga sudah dilengkapi DUAL VVTI -Sebuah kejutan seperti akan diberikan oleh Toyota pada mobil MPV LCGC teranyar mereka Toyota Calya. Rencana nya dapur pacu dari Toyota Calya akan menggunakan teknologi Dual VVT-i. Waw…bahkan Etios Valco , Yaris dan Vios pun masih belum Dual VVT-i.
Agya MPV
Kode mesin yang dipakai adalah 3NR-FE dengan kapasitas 1.197 cc (kelas 1.200) yang seperti nya sama dengan mesin Yaris di Thailand yang versi eco car alias 1.200 cc.
Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini berkisar di 86 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 108Nm pada 6.000 rpm.serta memiliki kompresi 11.5:1.
3NR-FE Engine


Dipakainya mesin ini adalah wajar, karena memang untuk kelas LCGC di Indonesia diwajibkan memiliki konsumsi bahan bakar yang irit se-irit-iritnya, oleh karenanya dipasang lah mesin Dual VVT-I pada MPV LCGC dari Toyota, si Toyota Calya.
Untuk mobil dikisaran 120-150jutaan ini memang adalah sebuah keunggulan dipakainya Dual VVT-i. Dan tentu ini bisa membuat ketar-ketir Datsun Go Plus Panca di arena pertarungan kelas MPV lebih dari 5 orang.

Di sektor transmisi, sepertinya akan tetap menggunakan 5 manual percepatan dan 4 percepatan otomotis.
So, untuk pelanggan yang ingin membeli mobil terjangkau namun memiliki mesin yang mumpuni, sepertinya Toyota Calya patut dipertimbangkan.
Mesin 3 silinder saat ini kembali banyak digunakan pabrikan otomotif terutama untuk produk-produk kelas bawah, pecinta otomotif juga akan banyak menjumpai mesin 3 silinder ini pada mobil-mobil LCGC di Indonesia meskipun tidak semua mobil LCGC memakai mesin 3 silinder sebut saja Ayla dan Agya yang memakai 3 silinder lantas apa kelebihan dan kekurangan mesin 3 silinder ini jika dibandingkan dengan mesin 4 silinder Mobil Calya  sehingga banyak produsen mulai melirik konfigurasi silinder 3 ini?
Mesin 3 silinder adalah penggunaan piston berjumlah 3 untuk menciptakan tenaga mekanis pada ruang bakar, silinder atau piston ini akan bergerak maju-mundur atau naik turun ketika ada ledakan (hasil pembakaran BBM di ruang bakar dari percikan busi). 

Semakin sedikit jumlah silinder tentu saja akan menghemat biaya produksi mobil, akan tetapi semakin banyak silinder akan menghasilkan stabilitas mesin yang bagus (semakin sedikit jeda pembakaran), jumlah silinder (ganji genap) juga berpengaruh terhadap keseimbangan mesin karena silinder yang berjumlah genap misalnya 4 atau 6 akan lebih seimbang daripada silinder yang berjumlah ganjil seperti 3 dan 5. Kita membahas karakteristik mesin 3 silinder bersamaan dengan kelebihan dan kekurangannya dari segi pemakai khususnya dibandingkan dengan 4 silinder.

Baca juga : Open Indent murah Toyota Calya Cikarang Bekasi Karawang

Kekurangan Mesin 3 Silinder
* Mesin 3 Silinder memiliki getaran yang lebih besar dibanding mesin 4 silinder, hal ini terjadi karena sedikitnya silinder terkait sistem idle yang besar daripada 4 silinder. Ibaratnya seperti berlari dengan 3 kaki akan lebih bergetar jika dibandingkan berlari dengan 4 kaki (karena semakin banyak yang bekerja menyentuh tanah)
* Mesin 3 Silinder lebih tidak seimbang dibanding mesin 4 silinder (terkait ganjil dan genap), jika 3 silinder maka 1 mengarah maju 2 mengarah mundur dan sebaliknya, jika 4 silinder ketika 2 mengarah kedepan maka 2 lagi mengarah ke belakang (lebih seimbang)
* Seperti kehabisan tenaga saat di RPM tinggi, maklum yang kerja hanya 3 silinder saja
* Jeda tenaga semakin tinggi, maklum yang bekerja hanya 3 silinder
Anda bisa memilh Toyota Calya denagn banyak kelebihan yang sempurna :D

Subscribe to receive free email updates: